TUGAS PRA UTS MATAKULIAH PERILAKU ORGANISASI

BAB 1 Pengantar dan Latar Belakang Perilaku Organisasi
1.        Soal : Jelaskan tiga dimensi organisasi dalam kaitannya dengan perilaku organisasi
Jawaban :
Ketiga dimensi itu antara lain dimensi teknis, dimensi konsep, dan dimensi manusia. Jika ketiga dimensi itu berintegrasi, maka akan mampu menimbulkan suatu kegiatan organisasi yang efektif.
·         Dimensi teknik menekankan pada skill yang dibutuhkan untuk menggerakkan organisasi. Dimensi ini berisi skill para anggota yang secara teknis yang diperlukan menggerakkan organisasi, misalnya keahlian komputer, pemasaran, enginering, dan lain sebagainya. Tanpa skill yang dimiliki oleh anggota organisasi maka pasti organisasi akan stagnan.
·         Dimensi kedua adalah dimensi konsep, yang merupakan motor penggerak dari dimensi pertama dan amat erat hubungannya dengan dimensi ketiga yakni dimensi manusia. Jika para birokra dalam bekerja hanya mengandalkan dimensi pertama, dan megabaikan dimensi kedua, atau bahkan menelantarkan
·         dimensi ketiga, maka akan menimbulkan suatu iklim yang tidak respektif terhadap faktor pendukung utama organisasi yakni manusia.
Oleh sebab itu ilmu perilaku organisasi mengurangi sikap birokrat yang tidak respektif tersebut, dengan menarik sebagian pandangannya terpusat pada perilaku manusia itu sendiri sebagai dimensi ketiga dalam sesuatu organisasi.

2.        Soal : Minat mempelajari perilaku organisasi telah ditemui pada buah karya Plato, jelaskan karya Plato dimaksud.
Jawaban :
Filosof ini membagi jiwa manusia menjadi 3 bagian, yakni ; Philosopic (filsafat), keinginan untuk mencapai ilmu pengetahuan, Sprited (ambisi), aspek jiwa manusia yang berusaha untuk mencari kekuasaan dan ambisi dan Appetite (nafsu makan), suatu keinginan manusia untuk memenuhi selera seperti makan, minum, seks dan uang. (the philosophie, the ambitious, and the lovers of gain.

3.        Soal : Sebutkan dua aspek hasil karya Webber yang releven dengan perilaku organisasi.
Jawaban :
Dua aspek dari hasil kerja Weber yang relevan dengan perilaku organisasi yakni : Pertama, sebagai seorang ahli ilmu sosial, ia tertarik untuk menjelaskan preskripsinya dari pertumbuhan organisasi yang besar. Kedua, dia terkesan akan kelemahan-kelemahan manusia dengan pertimbangan-pertimbangan yang kadang-kadang tidak realitas dan bahwa manusia mempunyai rasa emosi.


4.        Soal : Sebutkan teori Webber, bahwa birokrasi mempunyai sifat yang amat penting.
Jawaban :
Beberapa sifat yang amat penting dapat dikemukakan sebagai berikut :
1. Adanya spesialisasi, atau pembagian kerja.
2. Adanya hirarki yang berkembang
3. Adanya suatu sistem dari suatu prosedur dan aturan-aturan
4. Adanya hubungan-hubungan kelompok yang bersifat impersonalitas.
5. Adanya promosi dan jabatan yang berdasarkan atas kecakapan.

5.   Soal : Apa yang kau ketahui tentang Gerakan Hubungan Kemanusiaan dalam perkembangan perilaku organisasi.
Jawaban :
Perkembangan sejarah berikutnya di tandai dengan gerakan hubungan kemanusiaan (the human relations movement). Gerakan ini dalam praktik manajemen memberikan penekanan pada kerja sama dan semangat kerja atau moral karyawan.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "TUGAS PRA UTS MATAKULIAH PERILAKU ORGANISASI"