Jawaban BAB 2 Kedudukan Manusia dalam Organisasi

BAB 2 Kedudukan Manusia dalam Organisasi
1.        Soal :Dalam penciptaan manusia, manusia memiliki intergrasi dua substansi yang unik dan tidak dapat berdiri sendiri. Sebutkan dua substansi dimaksud.
Jawaban :
Subtansi pertama disebut tubuh (fisik/jasmani) sebagai unsur materi, sedangkan subtansi ke dua disebut jiwa (rohani /psikis) yang bersifat non-materi.

2.        Soal : Jelaskan tiga hakekat manusia ditinjau dari dua substansi di atas.
Jawaban :
·         Hakikat Individu : Manusia di dalam mengeksistensikan dirinya sebagai individu selamanya menginginkan untuk diperlakukan sebagai individu.
·         Hakikat Sosialitas : Di dalam beraktifitas sehari-hari di muka bumi ini setiap manusia sebagai individu memerlukan individu yang lain.
·         Hakikat Moralitas : Pada hakekatnya setiap manusia sebagai individu maka didalam beraktifitas didalam masyarakat menginginkan untuk hidup secara harmonis bersama individu yang lain.

3.        Soal : Jelaskan hakekat kemanusiaan menurut Siagian.
Jawaban :
Siagian (2003:157) dalam bukunya Teori dan Praktek Kepemimpinan memandang manusia dalam perspekstif kepemimpinan dikaitkan dengan kepentingan dan kebutuhannya.

4.        Soal : Apa yang dimaksud dengan Organisasi.
Jawaban :
Organisasi : Kecenderungan inilah yang mendorong manusia hidup berkelompok yang disebut masyarakat. Semakin besar kelompoknya disebut bangsa, yang merasa bersatu dengan identitas yang sama atau memiliki kesamaan. Kecenderungan itu dilakukan manusia juga dengan membentuk kelompok-kelompok yang lebih kecil, untuk mencapai tujuan bersama.

5.        Soal : Sebutkan unsur-unsur pokok dalam organisasi
Jawaban :
Pada dasarnya memiliki 4 (empat) unsur pokok (Nawawi, 2008) yaitu :
1. Manusia. Unsur ini dari segi jumlah terdiri dari dua orang atau lebih.
2. Filsafat. Manusia yang menghimpun diri dalam organisasi, dengan hakekat kemanusiaannya, menjalani kehidupan bersama berdasarkan filsafat yang sama, sehingga memungkinkan terwujudnya kerjasama.
3. Proses. Organisasi sebagai perwujudan interaksi antar manusia yang menghasilkan kerjasama, tidak pernah berhenti selama manusia berhimpun didalamnya. Oleh sebab itu kerjasama tersebut sebagai kegiatan yang berlangsung sebagai proses.
4. Tujuan. Organisasi didirikan manusia adalah karena kesamaan kepentingan, baik dalam rangka mewujudkan hakekat kemanusiannya maupun secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhannya.

6.        Soal : Jelaskan bagaimana kedudukan manusia dalam organisasi.
Jawaban :
Dari sisi perlakuan maka setiap manusia memiliki kesamaan berupa harkat dan martabat sebagai manusia yang memerlukan di hormati dan di hargai secara wajar dan manusiawi. Dalam perspektifi inilah maka tidak seorangpun manusia sebagai individu yang menginginkan perlakuan tidak manusiawi, baik dalam status atau kedudukan di dalam masyarakat. Misalnya tidak seorangpun menyukai di caci, dimaki, dan di hina di depan orang banyak, atau tidak ada yang menyenangi di lecehkan, di curigai, di abaikan, disisihkan dari pergaulan dan sebagainya.

7.        Soal : Bedakan organisasi perusahaan dengan organisasi sosial.
Jawaban :
Organisasi perusahaan bertujuan mendapatkan laba dan prinsip kegiatannya ekonomi rasional. Sedangkan, Organisasi sosial bertujuan memberikan pelayanan sedang prinsip kegiatannya ialah pengabdian social.

8.        Soal : Jelaskan perkembangan paradigm organisasi dari masa ke masa.
Jawaban :
Mulai dari
paradigma klasik : paradigm klasik tokoh yang sangat popular adalah Fayol, Taylor, Urwick dan Gullick, Gant, dsb.
Rancangan organisasi pada generasi ini adalah :
1. Orientasi pada efesiensi yang tinggi;
2. Sistem otoritas dan kendali yang sangat hirarkis dengan rental kendali yang sangat sempit;
3. Prisnsip-prinsip spesialisasi, sentralisasi dan formalisasi sangat ditekankan disini.
Dalam paradigm human : telah terjadi pergeseran pandangan tentang manusia dalam organisasi. Manusia telah dilihat sebagai makhluk sosial yang dapat membentuk sendiri kelompok-kelompok informal sesuai dengan keinginannya, dan ingin bekerja pada kondisi kerja yang menyenangkan.

paradigma kolaborasi : -

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jawaban BAB 2 Kedudukan Manusia dalam Organisasi"

Posting Komentar